Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kinerja pelayanan publik
pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai serta
menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi
pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian
terdiri dari informan kunci yaitu kepala dinas dan informan ahli yaitu
sekertaris dinas , sedangkan informan pendukung adalah kabid
kependudukan petugas pelayanan dan masyarakat dengan jumlah informan
9 orang, tehnik pengumpulan data dengan melakukan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui Penyajiandata,
dan reduksi data.Dalam penelitian ini membahas tentang kinerja petugas
pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Sinjai yaitu orientasi terhadap perubahan, etika pelayanan,
system intensif dan kerjasama.Serta factor pendukung pelayanan yaitu
prosedur pelayanan, kompetensi petugas pemberi layanan, sarana
pelayanan.Pelayanan yang diberikan sudah dapat mengakomodir kebutuhan
masyarakat tentang dokumen kependudukan secara legal, formal sesuai
dengan peraturan perundang-undangan khususnya dokumen Kartu Keluarga
Dan KTP-elektronik.Dengan mengaplikasikan teknologi berbasis komputer
yang terintegrasi langsung kepusat dan seluruh Dukcapil seIndonesia serta
dengan kompetensi petugas yang mampu mengoperasikan komputer untuk
mendukung kinerja petugas.Namun yang perlu ditingkatkan adalah Sumber
daya Manusia, peningkatan Anggaran yang dapat menunjang kesejahteraan
petugas pelayanan serta peningkatan prasarana pelayanan yang merupakan
factor penghambat dalam pelayanan.