Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi
Program Layanan Sertifikat Tanah Di Kantor Badan Pertanahan Kabupaten
Maros. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Informan kunci berjumlah
9 orang yang dipilih menggunakan tekhnik purposive, Metode pengumpulan data
melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Sumber data yaitu data primer
dan data skunder. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, redukasi data,
penyajian data, pengabsahan data, penarikan kesimpulan verifikasi data
Hasil penelitian dengan fokus 1) Bagaimana pelayanan pada program
LARASITA di Kantor BPN Kabupaten Maros yaitu belum optimal dan pelayanan
dapat dikatakan efektif, dilihat dari indikator (a) Tangibles, Realibility,
Responsivess, Assurance, Emphty. 2) faktor-faktor apa yang mempengaruhi
pelayanan LARASITA di Kantor BPN Kabupaten Maros yaitu secara Indikator
(a) kurangnya sosialisasi , kurangnya sumber daya, minimnya keadaan bergerak
dan perangkat komunikasi yang sering terganggu