Abstract:
Gaya belajar adalah sekumpulan karakteristik yang dimiliki oleh
siswa yang membuat pembelajaran menjadi efektif, namun tidak semua
karakteristik dari gaya belajar dapat efektif pada semua siswa. Gaya belajar
berhubungan dengan cara seorang anak belajar yang konsisten yang
dilakukan oleh seorang anak dalam menangkap stimulus atau informasi,
cara anak mengingat, berfikir, dan memecahkan soal. Tujuan untuk
mengetahui gambaran gaya belajar pada santri penghafal Al-Qur’an pondok
pesantren di Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif probability sampling dengan menggunakan teknik
Disproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan penyebaran skala gaya belajar. Hasil penelitian
menunjukan santri dengan gaya belajar visual berjumlah 121 responden
dengan presentase 31%, Gaya belajar aditorial berjumlah 175 responden
dengan presentase 45%, sedangkan Gaya belajar kinestetik berjumlah 90
responden dengan presentase 24%