Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar IPS dengan
Penerapan teknik pembelajaran kooperatif tipe point counter point di Kelas
IV SD Inpres Tello Baru kota Makassar. Penelitian ini merupakan
peneltian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
teknik tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Inpres Tello Baru Makassar dengan jumlah 24 siswa.
Peningkatan pembelajaran kooperatif tipe point counter point
menunjukkan baik setelah dilakukan pada siklus II berdasarkan
permasalahan yang dialami siswa pada siklus I. Hal ini dibuktikan dari
siklus I, yaitu yang mendapatkan nilai 80 ke atas sebanyak 4 orang atau
16,66%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 80
sebanyak 19 orang atau 79,16%. Sedangkan pada siklus II, ada
peningkatan menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 ke
atas sebanyak 20 orang atau 83,33%. Sedangkan jumlah siswa yang
mencapai nilai kurang dari 80 yaitu 4 orang atau 16,66%. Oleh karena
itu,dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar IPS Pada Siswa Kelas
IV SD Inpres Tello Baru Kota Makassar mengalami peningkatan setelah
diterapkan teknik pembelajaran kooperatif tipe point counter point.