Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan
memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 47
Batulabbu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One-Group
Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang
digunakan yaitu soal tes essai sebanyak 10 nomor serta lembar observasi
aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS
kelas IV SD Negeri 47 Batulabbu Kecamatan Tompobulu Kabupaten
Bantaeng, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai ratarata pada hasil pretest sebesar 4,05 dan nilai rata-rata pada hasil posttest
sebesar 8,88 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan
keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan
terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang
termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji
“t” yang menunjukkan nilai –ttabel sebesar -2,262 lebih kecil dari thitung
sebesar -1,454 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,262 pada taraf signifikasi
0,05, sehingga Hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata
pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 47 Batulabbu Kecamatan Tompobulu
Kabupaten Bantaeng