DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 47 BATULABBU KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

Show simple item record

dc.contributor.author WANDI, A. TRI APRIL
dc.date.accessioned 2023-02-06T06:44:55Z
dc.date.available 2023-02-06T06:44:55Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103145
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4402
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 47 Batulabbu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes essai sebanyak 10 nomor serta lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 47 Batulabbu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, dibuktikan dengan hasil analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dilihat dari nilai ratarata pada hasil pretest sebesar 4,05 dan nilai rata-rata pada hasil posttest sebesar 8,88 serta pada hasil observasi aktivitas siswa yang menunjukkan keantusiasan, keaktifan dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik. Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji “t” yang menunjukkan nilai –ttabel sebesar -2,262 lebih kecil dari thitung sebesar -1,454 lebih kecil dari ttabel sebesar 2,262 pada taraf signifikasi 0,05, sehingga Hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 47 Batulabbu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject kemampuan memecahkan masalah en_US
dc.subject model pembelajaran problem based learning en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 47 BATULABBU KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account