Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mendeksripsikan
Pengaruh Media Boneka Jari Terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pembelajaran
Bahasa Indonesia di kelas III SDN Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong
Kabupaten Gowa pada materi pokok cerita dongeng. Desain penelitian yang
digunakan adalah one-grup pretest posttest design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bontomanai Kanjilo
Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa yang terdiri dari satu kelas.
Sampel diperoleh secara acak dan terpilih kelas III A sebagai kelompok
eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah
siswa 33 orang. Kelompok eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan media
boneka jari sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan media
boneka jari. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media boneka jari dan
variabel bebas terikat adalah keaktifan siswa. Pengambilan data hasil belajar
dilakukan dengan menggunakan instrumen keaktifan siswa. Data instrumen
keaktifan siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif
dan statistik inferensial.
Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan nilai rata-rata instrumen
keaktifan siswa kelompok eksperimen yaitu 83,39 dan nilai rata-rata instrumen
keaktifan siswa kelompok kontrol yaitu 39,30. Hasil analisis statistik inferensial
menunjukan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis
yang dilakukan dengan menggunakan uji-t menghasilkan intrumen keaktifan
siswa thitung > ttabel =-2.034 > -2,656 pada 𝛼 = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa media boneka jari berpengaruh terhadap keaktifan siswa kelas III SDN
Bontomanai Kanjilo Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa materi pokok
cerita dongeng