Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh emotional
intelligence terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Pampang I Kota
Makassar, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto
yaitu fakta yang di kumpulkan sudah ada sebelumnya dan bersifat
korelasional karena yang akan diselidiki adalah hubungan antarvariabel
dengan memberikan angket emotional intelligence dan mengambil nilai
rapor siswa pada semester II guna untuk mengetahui pengaruh emotional
intelligence terhadap prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas V sebanyak 15 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistik
inferensial. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus
uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh emotional
intelligence terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Pampang I Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh T-hitung
sebesar 0,05 dan T-tabel sebesar 1,76. Dengan demikian T-hitung ˂ Ttabel, oleh karena itu, Maka Ha ditolak dan H0 diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara
emotional intelligence terhadap prestasi belajar siswa