Abstract:
Manajemen pendidikan tidak lagi mengutamakan yang
bersifat administratif melainkan pada proses pematangan
kualitas peserta didik. Keberhasilan proses pendidikan yang
lain ditandai dengan terciptanya komunikasi yang akrap
anatar peserta didik dan pendidik.
Sebuah lembaga pendidikan pasti memerlukan adanya
kepemimpinan (leadership) untuk mengarahkan dan
memberi contoh bagaimana cara yang baik untuk mencapai
tujuan lembaga pendidikannya. Pemimpin adalah individu
atau manusianya sedangkan kepemimpinan adalah sifat
yang melekat kepadanya sebagai pemimpin.
Pemimpin dan kepemimpinan pada era teknologi saat
ini akan menghadapi tuntutan yang semakin kompleks dan
penuh ketidakpastian. Kondisi ini menuntut kapabilitas dan
keterampilan seorang pemimpin dalam mengelola
perubahan yang ada di lingkungan strategis organisasi yang
berdampak pada eksistensi organisasi melalui
kepemimpinan yang efektif. Keberhasilan seorang pemimpin tergantung
kemampuan untuk menggerakkan personil pendidikan
berkerjasama dalam mencapai tujuan menjadi penting.
Seorang pemimpin seharusnya berkolaborasi dengan
personil atau guru untuk membuat visi misi ke depan serta
proses perubahan. Kedatangan zaman baru ditandai dengan
kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, para
pemain baru, munculnya generasi baru dan cara-cara baru
yang sangat terkoneksi dengan internet dan media sosial
dan sangat berbeda dengan generasi pendahulunya dalam
berbagai hal.