Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan
motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD
Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar.
Penelitian ini tergolong kuantitatif dengan jenis ex post facto.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD
Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar. Selanjutnya, metode
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata/mean motivasi
siswa Kelas IV SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar
adalah 71 atau dalam kategori sedang, (2) rata-rata/mean hasil belajar
siswa Kelas IV SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar
adalah 72,5 atau kategori sedang, dan (3) hubungan motivasi terhadap
hasil belajar matematika berdasarkan hasil korelasi spearman dengan nilai
rs = 0,8105 yang berada pada rentang 0,070 < KK ≤ 0,90 memberikan arti
bahwa terdapat hubungan yang tinggi atau kuat antara motivasi belajar
terhadap hasil belajar matematika.