Abstract:
Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia
materi menyimak dongeng melalui pendekatan multiple intelligences pada
siswa kelas V SD Negeri Pampang Makassar. Penelitian ini merupakan
peneltian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah
teknik tes dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Kelas
V SD Negeri Pampang Makassar dengan jumlah 34 siswa.
Peningkatan pembelajaran menyimak dongeng siswa menunjukkan
baik setelah dilakukan pada siklus II berdasarkan permasalahan yang
dialami siswa pada siklus I. Hal ini dibuktikan dari siklus I, yaitu yang
mendapatkan nilai 75 ke atas sebanyak 6 orang atau 17.64%.
Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 75 sebanyak 13
orang atau 38,23%. Sedangkan pada siklus II, ada peningkatan
menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 85 ke atas
sebanyak 22 orang atau 64,74%. Sedangkan jumlah siswa yang
mencapai nilai kurang dari 75 yaitu 4 orang atau 11,76%. Oleh karena
itu,dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak dongeng siswa kelas
V SD Negeri Pampang Makassar mengalami peningkatan setelah
diterapkan pendekatan multiple intelligences