Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian exsperimen yang didesain dengan pre-test
dan post-test, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian
memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media wayang
kertas. Perlakuan di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media wayang kertas terhadap keterampilan berbicara pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Pannampu II berpengaruh positif
terhadap keterampilan berbicara peerta didik.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 25 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes lisan yang dianalisis dengan
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Data yang diperoleh dianalisis
juga dengan menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media wayang
kertas terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Inpres
Pannampu II. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung˃ttabel
yaitu (21,4˃2,06) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif yang signifikan antara penggunaan media wayang kertas terhadap hasil
belajar murid.