Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode hypnolearning
terhadap motivasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV UPT
SDN 7 Timoreng Panua Kabupaten Sidenreng Rappang. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang.
Metode Penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain
penelitian one group pretest-posttest yang berupa angket dan soal mengenai materi
bahasa Indonesia. Proses analisis data menggunakan rumus uji-t. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan. Data yang digunakan ialah
motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui pretest dan posttest yang dianalisis
dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Data yang diperoleh juga dianalisis
menggunakan uji-t berpasangan yang diolah menggunakan SPSS.
Data hasil penelitian menunjukkan nilai pretest dan posttest memiliki selisih
yang signifikan yaitu 23 dan nilai signifikansi (2 tailed) yaitu 0,000 < 0,05, maka H1
diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh metode hypnolearning terhadap motivasi dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia pada siswa kelas IV UPT SDN 7 Timoreng Panua Kabupaten Sidenreng
Rappang.