Abstract:
Pembelajaran IPA yang masih lebih banyak menggunakan metode
ceramah membuat motivasi belajar IPA siswa menjadi rendah.
Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan
tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode
eksperimen pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Bayang Makassar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan
desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Postest. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bayang Kota Makassar,
yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket, observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh berupa
hasil angket, pretes postes dan hasil observasi akan di analisis dengan
menggunakan Uji-F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa
yaitu 62,75 dan nilai rata-rata postest siswa yaitu 76,5. Sedangkan nilai uji
F yang diperoleh yaitu 1,261 dengan besar tabel F yaitu 4,10. Hal ini
berarti bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA
tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa
kelas V SD Negeri Bayang Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017.