PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERRHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI BAYANG KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ASRULLAH, ASMA
dc.date.accessioned 2023-02-07T06:41:51Z
dc.date.available 2023-02-07T06:41:51Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103030
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4464
dc.description.abstract Pembelajaran IPA yang masih lebih banyak menggunakan metode ceramah membuat motivasi belajar IPA siswa menjadi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri Bayang Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Postest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bayang Kota Makassar, yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan Dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil angket, pretes postes dan hasil observasi akan di analisis dengan menggunakan Uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa yaitu 62,75 dan nilai rata-rata postest siswa yaitu 76,5. Sedangkan nilai uji F yang diperoleh yaitu 1,261 dengan besar tabel F yaitu 4,10. Hal ini berarti bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Bayang Kota Makassar Tahun Ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject motivasi belajar en_US
dc.subject metode eksperimen en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERRHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI BAYANG KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account