Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Datara
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran
Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu
Kabupaten Gowa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn
melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa SD
Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru kelasIV dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan
Tompobulu Kabupaten Gowa yang berjumlah 22 orang, dengan rincian 14
siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada
semester ganjil tahun ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn pada siklus I dari 22 siswa hanya 15 orang yang tuntas
dengan persentase ketuntasan 68.18% dan pada siklus II hasil belajar
siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan yaitu dari 22
siswa yang masuk dalam kategori tuntas 19 orang dengan persentase
ketuntasan 86.36%. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak
terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan
model pembelajaran Talking Stick dan peningkatan persentase jumlah
siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Datara
Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa