DSpace Repository

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DATARA KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN GOWA

Show simple item record

dc.contributor.author BASRI
dc.date.accessioned 2023-02-08T01:54:06Z
dc.date.available 2023-02-08T01:54:06Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512103197
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4466
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelasIV dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa yang berjumlah 22 orang, dengan rincian 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada siklus I dari 22 siswa hanya 15 orang yang tuntas dengan persentase ketuntasan 68.18% dan pada siklus II hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn mengalami peningkatan yaitu dari 22 siswa yang masuk dalam kategori tuntas 19 orang dengan persentase ketuntasan 86.36%. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa tidak terlepas dari peningkatan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran Talking Stick dan peningkatan persentase jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran untuk setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Datara Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Talking Stick en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn TENTANG PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DATARA KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN GOWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account