Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Direct Instruction pada pembelajaran PKn pokok bahasan
memelihara lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II
SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) yang terdiriatas beberapa tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelasII SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar
sebanyak 27 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan metode observasi dan tes yang selanjutnya dianalisis
secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran PKn pokok bahasan
“Memelihara Lingkungan” dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa
kelas II SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar. Hal tersebut berdasarkan
adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 54,23 pada siklus I
menjadi 78,63 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari
34% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II.