PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS II SD INPRES NIPA-NIPA KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author AMRAN, ARINI
dc.date.accessioned 2023-02-08T02:04:47Z
dc.date.available 2023-02-08T02:04:47Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103158
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4472
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Direct Instruction pada pembelajaran PKn pokok bahasan memelihara lingkungan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiriatas beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelasII SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar sebanyak 27 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran PKn pokok bahasan “Memelihara Lingkungan” dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas II SD Inpres Nipa-nipa Kota Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 54,23 pada siklus I menjadi 78,63 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 34% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject Direct Instruction en_US
dc.subject PKn en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS II SD INPRES NIPA-NIPA KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account