Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan Remedial Teaching. Perlakuan dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh Remedial Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas V SDN 003 Balla Kecamatan Balla Kabupaten Mamasa berpengaruh positif
atau tidak terhadap hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V
sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis juga dengan
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Remedial Teaching
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 003 Balla Kecamatan Balla
Kabupaten Mamasa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung >
ttabel atau 8,04 > 2,61. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara Remedial Teaching terhadap hasil belajar
siswa.