Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan model Two Stay Two Stray. Perlakuan dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap
hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Mongisidi II Kota
Makassar berpengaruh positif atau tidak terhadap hasil belajar. Sampel penelitian
ini adalah siswa kelas V sebanyak 39 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 5
kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik tes dan observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Data
yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan rumus N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD
Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil
analisis N-Gain diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa yaitu 0,53 dalam
kategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif antara model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar
siswa.