Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran permainan broken triangle dalam pembelajaran IPS materi
Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Hindu dapat meningkatkan hasil belajar
IPS siswa kelas V SD Nusa Harapan Permai Makassar.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action
Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nusa Harapan Permai
Makassar sebanyak 24 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya
dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran permainan broken triangle dalam pembelajaran IPS pokok
bahasan “Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Hindu” dapat meningkatkan
hasil belajar pada Siswa Kelas V di SD Negeri Nusa Harapan Permai
Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata
hasil belajar dari 72,79 pada siklus I menjadi 81,96 pada siklus II dan
peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 75,00% pada siklus I menjadi
91,67% pada siklus II.