PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author DEPPASOLON
dc.date.accessioned 2023-02-08T02:17:43Z
dc.date.available 2023-02-08T02:17:43Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103104
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4480
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran permainan broken triangle dalam pembelajaran IPS materi Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Hindu dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Nusa Harapan Permai Makassar. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Nusa Harapan Permai Makassar sebanyak 24 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran permainan broken triangle dalam pembelajaran IPS pokok bahasan “Tokoh-tokoh Sejarah pada Masa Hindu” dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa Kelas V di SD Negeri Nusa Harapan Permai Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 72,79 pada siklus I menjadi 81,96 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 75,00% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model pembelajaran permainan broken triangle en_US
dc.subject hasil belajar IPS en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BROKEN TRIANGLE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NUSA HARAPAN PERMAI MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account