Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas IV SDN 010
Bulo Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengambilan data yang digunakan
adalah tes membaca pemahaman dan observasi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IV SDN 010 Bulo dengan jumlah 16 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase dan
ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat
keterampilan membaca pemahaman siswa memperoleh rata-rata
persentase 73,13% dan ketuntasan klasikal 68,75%. Sedangkan pada
siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 82,18% dan
memperoleh ketuntasan klasikal 87,5%. Oleh karena itu, dapat
disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran terpadu sudah
berhasil.