DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 010 BULO KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA

Show simple item record

dc.contributor.author Gayang, Brian Sanjaya
dc.date.accessioned 2023-02-08T02:23:31Z
dc.date.available 2023-02-08T02:23:31Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4513103080
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4484
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas IV SDN 010 Bulo Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tekhnik pengambilan data yang digunakan adalah tes membaca pemahaman dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 010 Bulo dengan jumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase dan ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa memperoleh rata-rata persentase 73,13% dan ketuntasan klasikal 68,75%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 82,18% dan memperoleh ketuntasan klasikal 87,5%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran terpadu sudah berhasil. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject model pembelajaran terpadu en_US
dc.subject Membaca pemahaman siswa en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 010 BULO KECAMATAN PANA KABUPATEN MAMASA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account