Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa metod einquiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Gandeng Enrekang.Penelitian
dilaksanakan mulai bulan April 2018. Yang bertempat di SDN 7 Gandeng
Enrekang.
Jenispenelitianadalahpenelitiantindakankelas yang terdiridariduasiklus.
Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Datahasil
observasi dianalisis secara kualitatifsedang data mengenai hasil belajar IPS
dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yang
berupa rentangnilai, StandarDiviasi, skor rata-rata tes hasil belajar siswa,
persentasekriteriahasilbelajarsiswa dan persentase ketuntasan belajar
siswasertapeningkatanhasilbelajarsiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, yang
diterapkan pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir, dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rata-rata kelas 68,33 pada pra siklus
menjadi 70,83 pada siklus I dan jika dilihat dari pencapaiaan ketuntasan hasil
belajar siswa, nilai ini belum tuntas. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata siswa
meningkat lagi menjadi 77,02. Nilai tersebut telah mencapai target dimana lebih
dari 75% siswa memperoleh nilai lebih dari 75,00