Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
media gambar dan menyusun kata (Mebarta) terhadap kemampuan membaca
siswa kelas 1 di SD Negeri Sai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan desain penelitian Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu
memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah
adanya perlakuan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 1 sebanyak 35 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah adalah teknik tes performent dan Observasi.
Selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
statistik inferensial. dari hasil analisis data uji hipotesis thitung yaitu sebesar 20,24 t
tabel sebesar 1,690 maka thitung > ttabel. Dengan demikian HI diterima dan Ho
ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
media gambar dan menyusun kata terhadap kemampuan membaca siswa kelas I
SD Negeri Sai Kabupaten Bima.