Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Spontaneus Grup
Discussion(SGD) tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV
SDN 2 Rantepao tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan
yaitu, pre-eksperimental design bentuk One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri
dari 1 kelas yang berjumlah 17 siswa.
Jenis penelitian ini quasi eksperimental design. Siswa yang dipilih adalah
siswa kelas IV dengan jumlah sampel 17. Teknik pengambilan sampel yaitu
sampel jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Adapun teknik
pengumpulan data berupa observasi, tes (Pretest-posttest) dan
dokumentasi,adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t.
Hasil penelitian uji-t diperoleh thitung >ttabel diperoleh (3,57 > 1,753) maka H1
diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode
Spontaneus Grup Discussion tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi
siswa kelas IV SDN 2 Rantepao Toraja Utara.