| dc.contributor.author | TANNING, ASTIRA | |
| dc.date.accessioned | 2023-02-08T02:48:27Z | |
| dc.date.available | 2023-02-08T02:48:27Z | |
| dc.date.issued | 2020 | |
| dc.identifier.other | 4516103024 | |
| dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4495 | |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Spontaneus Grup Discussion(SGD) tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Rantepao tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu, pre-eksperimental design bentuk One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimental design. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel 17. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, tes (Pretest-posttest) dan dokumentasi,adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian uji-t diperoleh thitung >ttabel diperoleh (3,57 > 1,753) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Spontaneus Grup Discussion tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Rantepao Toraja Utara. | en_US |
| dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
| dc.subject | Metode Spontaneus Grup Discussion (SGD) | en_US |
| dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
| dc.subject | Menulis Karangan Deskripsi | en_US |
| dc.title | PENGARUH METODE SPONTANEUS GRUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 2 RANTEPAO TORAJA UTARA | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |