PENGARUH METODE SPONTANEUS GRUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 2 RANTEPAO TORAJA UTARA

Show simple item record

dc.contributor.author TANNING, ASTIRA
dc.date.accessioned 2023-02-08T02:48:27Z
dc.date.available 2023-02-08T02:48:27Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4516103024
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4495
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Spontaneus Grup Discussion(SGD) tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Rantepao tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu, pre-eksperimental design bentuk One-Group Pretest-Posttest. Sampel terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimental design. Siswa yang dipilih adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel 17. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, tes (Pretest-posttest) dan dokumentasi,adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian uji-t diperoleh thitung >ttabel diperoleh (3,57 > 1,753) maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Spontaneus Grup Discussion tehadap hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN 2 Rantepao Toraja Utara. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode Spontaneus Grup Discussion (SGD) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Menulis Karangan Deskripsi en_US
dc.title PENGARUH METODE SPONTANEUS GRUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 2 RANTEPAO TORAJA UTARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account