Abstract:
Kepala sekolah berada pada garda terdepan dalam
mengimplementasikan kurikulum dan mempunyai peran
yang sangat dominan dalam memanajemeni sekolah yang
dipimpinnya. Untuk mengimplementasikan kurikulum
disekolah perlu memahami isi kurikulum secara menyeluruh.
Dengan pemahaman yang menyeluruh tersebut, kepala
sekolah dan guru dapat mengimplementasikan kurikulum
secara maksimal. Dengan implementasi yang maksimal akan
menghasilkan kualitas lulusan yang maksimal.
Dalam pelaksanaan proses implementasi kurikulum
dalam rangka melakukan perubahan tentu mengalami
berbagai kendala baik itu kendala yang berasal dari dalam
sekolah maupun kendala-kendala dari luar sekolah. Disini
sangat diperlukan peran kepala sekolah sebagai fasilitator,
leader dan menejerial dalam menyelesaikan masalah-masalah
tersebut. Kepala sekolah harus mampu menunjukkan kemampuan kepemimpinannya karena keberhasilan sekolah
adalah keberhasilan pemimpinnya.