Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata
pelajaran IPS melalui metode pembelajaran Word Square pada siswa
kelas V semester ganjil SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang
dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 24 orang
siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan LKS untuk
mengukur tingkat keberhasilan dari setiap tindakan. Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 75.
Temuan dalam penelitian adalah penggunaan metode Word
Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari
penelitian pada siklus I siswa tuntas 16 orang, presentase 66,67% dengan
nilai rata-rata 71.66. sesudah penulis menggunakan metode pembelajaran
Word Square dan adanya perlakuan yang diberikan kepada siswa pada
siklus II setelah tes meningkat siswa tuntas 19 orang presentase 79,17%
dengan nilai rata-rata 80,00 dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal
sehingga dikatakan penelitian ini berhasil dan tidak perlu dilanjutkan ke
siklus III. Dari uraian di atas disimpulkan bahwa metode pembelajaran
Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas V
SD Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar.