Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui Peningkatan Kemampuan
Menulis Deskripsi Melalui Model Pembelajaran Imajinatif pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 2 Tawali Kabupaten
Bima
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah berupa teknik tes dan obserfasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini
menunjukan bahawa model pembelajaran imajinatif berpengaruh pada
kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV SD
Negeri 2 Tawali Kabupaten Bima, yang di buktikan dengan hasil tes dan
observasi bahwa pada siklus I hanya terdapat 10% nilai presentase yang
kurang, sehingga penelitian pada siklus I dinyatakan tuntas dengan nilai
presentase 90%. Meski sudah mencapai target peneliti ingin melajutkan
ke tahap siklus II untuk mencapai hasil yang sempurna. Setelah
ditingkatkan ke siklus II nilai presentase yg didapatkan mencapai 100%.,
sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Dilihat dari hasi tersebut
disarankan kepada guru kelas IV dikiranya agar menggunakan model
pembelajaran Imajinatif dalam proses belajar mengajar