Abstract:
Tujuan Penelian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemberian
pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres
Lae-Lae II Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat korelasi. Sampel
penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 25 orang. Penelitian dilakukan pada
bulan Mei sampai Juni 2018. Proses pengumpulan data dilakukan melalui
pemberian angket dan prestasi siswa dianalisis secara deskriptif dengan
menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif pemberian
pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres
Lae-Lae II Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis product
moment diperoleh rata-rata nilai prestasi belajar siswa 0,53 dalam kategori kuat
positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah terhadap prestasi belajar
Matematika siswa kelas V SD Inpres Lae-Lae Kota Makassar.