Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan minat
belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Artikulasi pada
siswa kelas III SD Negeri Pampang Kota Makassar. Pendekatan yang
yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
III yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 23
orang perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan.
Pengumpulan data yang dilakukan melalui Observasi, tes, wawancara dan
dokumentasi. Data observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif
sedangkan wawancara dilakukan dalam ruangan kelas.
Hasil penelitian yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia
menggunakan model Artikulasi dapat meningkatkan minat belajar Bahasa
Indonesia di kelas III SD Negeri Pampang Kota Makassar. Siswa sudah
mulai menyukai pembelajaran Bahasa Indonesia dan sudah bisa
melakukan kegiatan kerja kelompok dan menjawab pertanyaan dengan
baik. Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan melihat tiga indikator
minat yaitu perhatian, partisipasi, presentasi selama proses pembelajaran
berlangsung diproleh bahwa pada siklus I siswa yang berminat berjumlah
20 siswa dengan presentasi keberhasilan 51,30% dan pada siklus II
menunjukkan jumlah siswa yang berminat berjumlah 35 siswa dengan
presentasi keberhasilan 89,74%.