Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan alat peraga loncat katak. Perlakuan dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga loncat katak terhadap hasil belajar
matematika kelas IV SD Negeri Mongisidi II Kota Makassar. Berpengaruh positif atau tidak terhadap hasil belajar. Sampel penelitian
ini adalah siswa kelas IV sebanyak 31 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6
kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik tes dan observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif. Data
yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat
peraga loncat katak piko terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri
Mongisidi II Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan
menunjukkan thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 7,551 ≥ 2,045 maka hipotesis
kerja (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak berarti terdapat pengaruh dalam
penggunaan alat peraga loncat terhadap hasil belajar matematika siswa . Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan
antara penggunaan alat peraga loncat katak terhadap hasil belajar siswa.