Abstract:
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Masalah dalam
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres
Nipa-Nipa.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan
metode Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil
belajar PKn siswa Kelas V SD Inpres Nipa-Nipa. Hipotesis penelitian ini
adalah melalui penggunaan metodeKooperatif Tipe Snowball Throwing,
maka hasil belajar PKn siswa kelas V SD Inpres Nipa-Nipa Kota Makassar
pada pokok bahasan Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat Dan
Daerah dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V
SD Inpres Nipa-Nipa tahun ajaran 2017/2018 dan jumlah siswa 30
orang.Data penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar untuk melihat
keberhasilan belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan lembar
observasi bagi guru dan siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan dan
jurnal refleksi guru. Prosedur penelitian ini terdiri dari : (1) perencanaan,
(2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi.
Dari paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan
pembelajaran dengan memanfaatkan media audio-visual dapat
meningkatkan hasil belajar PKn siswa, dimana terjadi peningkatan nilai
rata-rata hasil belajar dari 64,5 pada siklus I menjadi 86,66 pada siklus II
dan ketuntasan hasil belajar dari 36,66% atau sebanyak 11 dari 30 siswa
yang nilainya mencapai KKM pada siklus I meningkat menjadi 96,66%
atau sebanyak 29 dari 30 siswa yang nilainya mencapai KKM pada siklus
II.