Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program 5-S
(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) terhadap pendidikan karakter siswa SD
Negeri 2 Bangun Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri 2 Bangun Kabupaten Buton Selatan tahun Ajaran 2020/2021. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
sebanyak 69 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan
bahwa SD Negeri 2 Bangun Kabupaten Buton Selatan telah menerapkan program
5-S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) melalui kegiatan rutin, kegiatan
spontan, keteladanan dan pengkondisian. selain itu guru dan kepala sekolah SD
Negeri 2 Bangun Kabupaten Buton Selatan telah memahami hakikat pendidikan
karakter dan nilai-nilai yang ada dalam program 5-S (Senyum, Sapa, Salam,
Sopan, Santun) adalah nilai Toleransi, Cinta Damai, dan Peduli Sosia