Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri
037 Buttu Dakka Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest yaitu
memberikan tes sebelum dan setelah adanya perlakuan dengan menggunakan
strategi crossword puzzle. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 22
siswa. Penelitian dilaksanakan selama satu minggu. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi yang
dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi
pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS SD Negeri 037 Buttu Dakka Kabupaten Polewali Mandar. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan wilcoxon sign rank
test nilai asymp. sig. (2-tiled) yang di peroleh sebesar .000 atau < 0,05, maka
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sehingga Ha diterima berarti bahwa hipotesis
dalam penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh yang signifikan pada
penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS SD Negeri 037 Buttu Dakka, Kabupaten Polewali
Mandar, Provinsi Sulawesi Barat