Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
pada mata pelajaran IPS melalui media visual diSD Negeri 7 Timoreng Panua
Kabupaten Sidenreng Rappang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang
dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV
SD Negeri 7 Timoreng Panua Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 14
orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalalah observasi, tes, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator
keberhasilan tindakan 85% dari jumlah peserta didik memenuhi KKM.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar
dengan menerapkan media visual sesuai hasil yang diharapkan. Hal ini
dibuktikandengan pencapaian KKM pada siklus I sebesar 35,71%. Setelah
dilakukan perbaikan pada siklus II, pencapaian KKM meningkat menjadi 85,71%.
Disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan mengggunakan media visual pada
peserta didik kelas IV SD Negeri 7 Timoreng Panua Kabupaten Sidenreng
Rappang meningkat