Abstract:
Penelitian ini membahas tentang analisis penyebab rendahnya
minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN Inpres Ncera
Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN
Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima dan faktor apa saja yang
mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN Inpres
Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Inpres Ncera
yang berjumlah 233 orang. Dari populasi itu diambil sampel dengan teknik
cluster sampling (area sampling) yaitu siswa Kelas V yang berjumlah 30
orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan
angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif berupa
rata-rata, dan presentase nilai rata-rata hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tentang minat belajar siswa, diperoleh
bahwa penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS
adalah faktor: (1) perasaan kurang senang, (2) keterlibatan dalam
pembelajaran, (3) ketertarikan siswa pada mata pelajaran, (4) perhatian
siswa dalam belajar. Keempat faktor tersebut berada pada kategori
sedang.