ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SDN INPRES NCERA KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA

Show simple item record

dc.contributor.author JURIATIN
dc.date.accessioned 2023-02-15T02:48:30Z
dc.date.available 2023-02-15T02:48:30Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103147
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4569
dc.description.abstract Penelitian ini membahas tentang analisis penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima dan faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Inpres Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Inpres Ncera yang berjumlah 233 orang. Dari populasi itu diambil sampel dengan teknik cluster sampling (area sampling) yaitu siswa Kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif berupa rata-rata, dan presentase nilai rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tentang minat belajar siswa, diperoleh bahwa penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS adalah faktor: (1) perasaan kurang senang, (2) keterlibatan dalam pembelajaran, (3) ketertarikan siswa pada mata pelajaran, (4) perhatian siswa dalam belajar. Keempat faktor tersebut berada pada kategori sedang. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject minat belajar siswa en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Sosial en_US
dc.title ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SDN INPRES NCERA KECAMATAN BELO KABUPATEN BIMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account