Abstract:
Penelitian inibertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelasIII SD
Inpres Panaikang II/I Makassar dalam menulis cerpen dengan menggunakan
media gambar seriSubjek penelitian adalah siswa kelas III SD Panaikang II/I
Makassar sebanyak 25 siswa, yang terdiri 10 siswa perempuan dan 15 siswa lakilaki. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui tingkat
keberhasilan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media gambar
seri.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis cerpen dengan
menggunakan media gambar seri
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik simpulan bahwa siswa
kelas III SD Panaikang II/I Makassar sebagaian besar mampu menulis cerpen
menggunakan media gambar seri. Dengan persentase siswa yang mampu
berjumlah 23 orang atau 92%, dan siswa yang tidak mampu berjumlah 2 orang
atau 8%. Kemampuan siswa menulis cerpen menggunakan media gambar seri
dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal seperti
minat, motivasi, emosi dan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal seperti teman
sebaya, media gambar seri, guru dan orang tua atau keluarga. Adapun saran dalam
penelitian ini yaitu diharapkan kepada guru agar menggunakan media gambar seri
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran dan disesuaikan
dengan materi pelajaran yang ada. Kemudian, diharapkan juga kepada siswa, agar
lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Indonesia khususnya materi menulis
cerpen sehingga kemampuan siswa menulis cerpen akan menjadi lebih baik.