PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD INPRES 581TAPONG KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE

Show simple item record

dc.contributor.author MARDIANA
dc.date.accessioned 2023-02-15T02:58:47Z
dc.date.available 2023-02-15T02:58:47Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103134
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4576
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis narasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres 5/81 Tapong Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaen Bone. Peneliti ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam meningkatkan kemanpuan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres 5/81 Tapong Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaen Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dan kemanpuan menulis narasi. Subjek penelitian adalah satu guru dan 29 siswa, terdiri dari 10 siswa lakilaki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Peningkatan itu dapat dilihat dari siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, sedangkan siklus II aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai keatas sebanyak 24 orang atau 83%.sedangkan jumlah siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 sebanyak 5 orang atau 17%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Inpres 5/81 Tapong Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaen Bone en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject think talk write en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD INPRES 581TAPONG KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN BONE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account