Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
Sramble dalam pembelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten,
Kota dan Provinsi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD
Negeri 110 Lura.
Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (classroom action research)
yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencenaan, pelaksanaan tindakan,
observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV
SD Negeri 110 Lura sebanyak 17 siswa. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data pada
penelitian berupa tes dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang
selanjutnya dianalisis secara deskriftif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan model scramble
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan “ Sistem Pemerintahan Kabupaten
Kota dan Provinsi” dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di
SD Negeri 110 Lura. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai
rata-rata hasil belajar dari 74,35% pada siklus I menjadi 82,65 pada siklus II
dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 70,59% pada siklusI menjadi
82,35% pada siklus II.