PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN 110 LURA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG

Show simple item record

dc.contributor.author HERNAWATI
dc.date.accessioned 2023-02-15T03:02:34Z
dc.date.available 2023-02-15T03:02:34Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4512103240
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4578
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Sramble dalam pembelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 110 Lura. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencenaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 110 Lura sebanyak 17 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data pada penelitian berupa tes dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang selanjutnya dianalisis secara deskriftif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa penerapan model scramble dalam pembelajaran PKn pokok bahasan “ Sistem Pemerintahan Kabupaten Kota dan Provinsi” dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri 110 Lura. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 74,35% pada siklus I menjadi 82,65 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 70,59% pada siklusI menjadi 82,35% pada siklus II. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject model pembelajaran en_US
dc.subject hasil belajar PKn. en_US
dc.subject scramble en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN 110 LURA KECAMATAN ANGGERAJA KABUPATEN ENREKANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account