Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru yang tinggi
diwujudkan manakala kepala sekolah memahami hakikat tentang pendekatan
kepemimpinan. Karena dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya seharihari berfungsi sebagai pemimpin pendidikan di sekolah, hal ini yang
menyebabkan penulis untuk melakukan penelitian yang menjadi tugas akhir
dengan judul “Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja
Guru SD di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara”.
Tempat pelaksanaan penelitian ini berada di 2 lokasi di Kecamatan
Tondon, Kabupaten Toraja Utara yaitu SD Negeri 1 Tondon dan SD Negeri 2
Tondon. Sedangkan waktu penelitian mulai pada bulan mei 2018. Instrumen yang
digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berbentuk
angket/kuisioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah korelasi Pearson
Produsct momen sederhana yang merupakan tingkat hubungan konsep antara satu
variable dengan variable lainnya
Hasil analisis dan penelitian korelasi product moment didapatkan angka
indeks korelasi sebesar 0,66, menyatakan bahwa terdapat korelasi yang sedang
antara kepemimpinan kepala sekolah dan Kinerja Guru. Setelah didapatkan nilai r
tabel sebesar 0,3739, dilakukan perbandingan.nilai indeks korelasi pearson
product moment variabel kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru yaitu
0,66 lebih besar dari nilai r tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan positif yang signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah
dan kinerja guru.