Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
konsiderasi dalam pembelajaran IPS Materi Kerja Sama Di Lingkungan
Sekolah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri
Sudirman III Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom
action research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas III-B SD Negeri Sudirman III Makassar sebanyak 24
siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model konsiderasi
dalam pembelajaran IPS pokok bahasan “Kerja Sama di Lingkungan
Sekolah” dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa Kelas III di SD
Negeri Sudirman III Kota Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 72,50 pada siklus I menjadi
85,63 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 79,17%
pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II.