DSpace Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI PADA SISWA KELAS III SDN SUDIRMAN III MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author JUMALIA
dc.date.accessioned 2023-02-15T03:31:28Z
dc.date.available 2023-02-15T03:31:28Z
dc.date.issued 2018
dc.identifier.other 4513103156
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/4584
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model konsiderasi dalam pembelajaran IPS Materi Kerja Sama Di Lingkungan Sekolah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD Negeri Sudirman III Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III-B SD Negeri Sudirman III Makassar sebanyak 24 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model konsiderasi dalam pembelajaran IPS pokok bahasan “Kerja Sama di Lingkungan Sekolah” dapat meningkatkan hasil belajar pada Siswa Kelas III di SD Negeri Sudirman III Kota Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 72,50 pada siklus I menjadi 85,63 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari 79,17% pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject hasil belajar IPS en_US
dc.subject model konsiderasi en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSIDERASI PADA SISWA KELAS III SDN SUDIRMAN III MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account