Abstract:
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, yaitu memberikan soal
angket pola asuh kepada siswa dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara pola
asuh orang tua dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres
Pajjaiang II Kota Makassar memiliki hubungan positif atau tidak terhadap prestasi
belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-C sebanyak 37 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi yang dianalisis dengan statistik
deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis juga dengan menggunakan rumus Product
moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua
dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Pajjaiang II Kota
Makassar. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh
pola asuh orang tua dominan berada pada pola asuh demokratis dengan nilai r 0,306..
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang
signifikan antara prestasi belajar matematika siswa.