Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran question student have terhadap pemahaman materi
PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara kecamatan Bontonompo
kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen
dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan
observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes essai
sebanyak 10 nomor serta lembar observasi aktivitas siswa. Teknik
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan dalam penerapan model pembelajaran question student have
terhadap pemahaman materi PKn pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara
kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa, dibuktikan dengan hasil
analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
meningkat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil pretest sebesar 4,16 dan
nilai rata-rata pada hasil posttest sebesar 12,167 serta pada hasil
observasi aktivitas siswa yang menunjukkan keantusiasan, keaktifan
dalam bertanya dan menjawab, ketertarikan terhadap model
pembelajaran, serta sikap siswa ketika belajar yang termasuk baik.
Berdasarkan analisis statistik inferensial diperoleh hasil -ttabel sebesar -
1.79588 lebih kecil dari thitung sebesar -0.37 lebih kecil dari ttabel = 1.79588
pada taraf signifikasi 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang
menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model
pembelajaran question student have terhadap pemahaman materi PKn
pada siswa kelas V SD Negeri Tanrara Kecamatan Bontonompo
kabupaten Gowa.